Manfaat Belajar Musik

 

Belajar musik bagi anak-anak sangat penting untuk proses pendidikan dan pembelajaran. Sehingga, dapat membantu anak untuk lebih peka lagi terhadap nada serta meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam dunia interaksi sosial serta pendidikannya. Anak-anak dapat di perkenalkan dengan berbagai jenis alat musik, seperti: piano, gitar, keyboard, drum kecil dan pastinya masih banyak lagi. Mungkin anak-anak tidak terlalu pintar dan jenius dalam memainkan alat musik, seperti layaknya pemain musik profesional. Tapi, manfaat dari belajar musik bagi anak-anak akan memberikan efek positif bagi pendidikan, sikap, dan perilakunya. Serta dapat menjadi pemain tim yang baik kelak bila sudah menjadi dewasa nanti.

Musik memiliki banyak arti positif pada perkembangan manusia di dunia. Secara mendasar sebenarnya musik memiliki beberapa fakta yang sangat bermanfaat, unik, dan menarik bagi anak-anak pada umumnya.

10 Manfaat Belajar Musik

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak Kanan (logika). Dalam bermain musik secara tidak  sadar juga bermain logika. Dalam ilmu matematika tentunya bermusik sangatlah berguna, contohnya: seperti ketika anak – anak belajar bagaimana untuk membagi, mengenali pola dan menciptakan pecahan. Seperti musik juga, membuat pola fikir anak lebih memahami area lain dari matematika. Secara tidak langsung bermusik juga akan melatih memori jangka pendek dan akhirnya memori jangka panjang juga.
  2. Meningkatkan Kecerdasan Otak Kiri (emosi). Disamping memainkan logika bermain musik  juga melatih merasakan cita rasa. Seorang anak pasti akan mengikuti alur ritme dari musik itu sendiri. Ini dapat menstimulasi otak kiri anak, yang banyak terkait dengan kemampuan mengikuti aturan. Pada saat anak bermain dan bergerak sesuai alunan instrumen musik, saat itu juga kepekaan otak kiri anak akan terasah dengan baik.
  3. Meningkatkan Kecerdasan Spiritual, Anak yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan musik dan lagu keagamaan memiliki kesadaran dan ketuhanan yang mendalam. Musik – musik keagamaan secara tidak langsung akan memberikan dampak positif bagi kesadaran rohani anak.
  4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Rasa percaya diri anak akan tumbuh ketika seorang anak mendapat kritikan – kritikan pada kesalahan yang mereka buat saat bermain musik, dan tentunya hal itu dapat mengubah menjadi perubahan yang sangat positif. Oleh karena itu, pembelajaran sedari dini ini sangat penting untuk proses pembentukan rasa percaya diri pada anak-anak.
  5. Memupuk Keterampilan Sosial. Dengan belajar musik di dalam kelas, setiap anak akan mudah memupuk keterampilan sosialnya. Disana mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak seusia lainya, sehingga dapat mendorong kerjasama tim dan juga berkolaborasi untuk bermain musik. Selain itu, anak juga didorong untuk bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi sendiri sehingga akan membentuk pribadi yang bertanggung jawab.
  6. Melatih Disiplin dan Kesabaran. Untuk belajar semua alat musik di butuhkan disiplin dan kesabaran, karena jika tidak disiplin dan tidak punya rasa sabar belajar semua jenis alat musik apapun tidak akan pernah bisa. Belajar mengajarkan anak-anak tentang disiplin dan kesabaran dengan cara mengajarkan musik adalah cara yang sangat cocok, karena tidak akan membuat anak – anak merasa jenuh atau membosankan.
  7. Mengembangkan Keterampilan Fisik. Instrumen seperti perkusi dapat membantu anak – anak dalam mengembangkan kordinasi dan sistem motorik otak. Mereka memerlukan gerakan kaki dan tangan, dan instrumen inilah yang membantu dalam proses mengembangkan keterampilan fisik bagi anak-anak.
  8. Membantu Menambah Pemberdaharaan Kata Anak. Beberapa lirik musik yang didengar oleh anak akan membantu memperbanyak pemberdaharaan kata dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. hal ini terjadi karena beberapa musik yang mengandung lirik tertentu akan memberikan pengetahuan baru, setiap kali anak mendengarkan musik tersebut.
  9. Membantu Pencernaan. Musik ternyata juga mampu membantu sistem pencernaan bagi anak-anak. Musik yang menenangkan dapat membuat rileks sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik.
  10. Menyehatkan Jantung. Musik yang ritmes dan lembut sangat membantu menyehatkan jantung, karena musik ritmes sangat lembut dan dapat membantu stabilitas kinerja detak jantung, terutama pada jantung anak-anak.

Manfaat belajar musik bagi usia dini di atas tentunya sangat penting bagi proses perkembangan dan pertumbuhan anak yang berada pada usia dini. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberi manfaat yang fositif bagi anak ataupun anda sendiri.